Home » » Kedinginan di B29

Kedinginan di B29

Written By sendi herlambang on Tuesday, February 9, 2016 | 3:30 PM


Assalamu'alaikum Wr. Wb

Dari judulnya sih sudah ngeri banget ya sampek kedinginan gitu hehe,

langsung aja deh saya ceritain gimana pengalaman saya pas ke B29 (Bukit 2900 Mdpl) di Lumajang jawa timur. Tempat ini di sebut sebagai "Negeri Di Atas Awan" beehhh.... dari namanya aja sudah bisa dibayangkan ya gimana tempatnya nanti pasti banyak awan disana. Udahlah ndak osah di bayangkan terus mending langsung cekidot saja. waktu itu saya dan temen kos sebut saja Anshori lagi liburan kuliah dan saya lagi gak pulkam ke Samarinda karena ada kegiatan Magang, nah karena masih ada waktu liburan sebelum magang jadi saya sama anshori nyempetin nge trip ke B29 itu.

Udah fix kita ber 2 aja yang kesana karena yang cuma punya niat ya kita aja hahaha... terus kita putusan eh putusin deh untuk nginep semalem aja di B29, jadi kita iuran (sokongan bahasa banjarnya) buat nyewa tenda + terpal yang untuk 2 manusia aja. Seperti biasa saya selalu melakukan "ritual" yaitu meminimalisir pengeluaran duit hahaha "...itu namanya backpakcer goblok" jadi kami cuma nyewa tenda sama terpal aja, nah disini ada cerita tersendiri pas mau nyewa tenda.

S : Saya
T : Tukang sewa tenda

S : mas nyewa tenda isi 2 orang
T : ini mas daftar harganya

* tenda 2 orang (30.000)
* terpal 2 (3.000x2 = 6.000)

S : tenda aja mas yang isi 2 orang sama terpal 2
T : mau dipake kapan mas ?
S : Kamis mas pulang jum'at (sekarang hari rabu malam jam 20.00)
T : mau tambah apa lagi mas (njir kaya mbak mbak indom*r*t aja ini orang)
S : enggak mas udah itu aja
T : Cerrier nya sekalian mas ?
S : *bangke ini orang udah aku bilang itu aja malah di tawarin lagi
S : gak mas itu aja
T : Headlamp nya gak mas ? nanti gelap lo disana
S : *gak perlu bangsat ini orang kaya maksa mulu
S : enggak mas, itu aja mas
T : mau di ambil sekarang apa besok mas ?

*mikir dulu.... kalo sekarang kayanya lebih enak jadi besok gak mondar mandir toko ini lagi

S: sekarang aja deh mas

*Nulis nota

T : 72.000 mas
S : *bangke bisa-bisanya total 72.000 jelas-jelas harga tenda 30.000 + terpal 6.000
S : loh mas kalo di ambil malam ini hitungannya nyewa 2 hari ?
T: iya mas
S : yaudah kalo gitu besok aja ambil nya mas
S : *bajingan ini orang mau korupsi pula
T : 36.000 mas

Yaudah saya ambil dah tu barang bawa pulang pergi dari toko bangsat itu. Besoknya siap siaplah kami pergi bawa tenda, cerrier minjam, senter pinjam, semua serpa pinjam pokoknya hahaha. Perjalanan dari Malang-Lumajang itu sekitar 4 jam udah termasuk pajak eehh... udah sampek TKP tuh 4,5 jam bayangin si Anshori yang nyetir motornya selama 4.5 jam perjalanan pasti kering itu pantatnya aku jadi kasian sama pantatnya hahaha. Langsung di skip aja cerita selama di motor ndak ada yang seru soalnya langsung pas sudah sampek gerbang masuk B29 Negeri Di Atas Awan



Wiihhh dari namanya aja sudah bikin orang kagum yaa.. ada Desa di atas awan kaya Skypiea di one piece aja jangan-jangan ada dewa enel di sana. Pas udah sampek di gerbang foto dulu gerbangnya biar kekinian. Oh ya jadi sebelum sampek puncak saya ada denger kabar burung entah burung siapa bilangnya kalo mau naik sampek puncak bayar ojek khusus 75.000 itu udah PP tapi karena saya berpegang teguh sama ritual saya, jadi tancap gas aja pokok nya sampek puncak tanpa ojek lagian ini motor pasti kuat kok aman aja deh jadinya. Lah ternyata dugaan saya kurang tepat emang sih kuat motornya tapi kalo bawah 2 manusia dan 1 cerrier jadi gak kuat -_- sial perjalanan masih jauh kurang lebih 20 menit lagi baru sampek dan jalurnya itu daki banget gila. Terus ya mau gimana lagi saya turun jalan kaki dan anshori naik motornya pas di jalur yang nanjak. Tiba-tiba ada bapak-bapak tukang ojek situ nawarin

S : Saya
O ; Ojek

O ; ojek mas ? sampen tempat camp
S : gak pak masih kuat ko

akhirnya ya saya sama anshori pantang menyerah jalan terus eh tapi si bapak ojek itu lebih pantang menyerah nyari duit, dia ngikutin kami seakan tau kalo motor kami gak bakal kuat sampek puncak bajingan ini orang.

O : mending satu naik ojek mas satu naik motor ini masih jauh jalannya 3 kilo lagi
S : gak pak masih kuat ko ini
O : masih jauh loh mas ojek aja
*woi bangsat pergi lo
S : jalur nya nanjak kah pak ?
O : nanjak banget mas dan masih jauh

eh terus anshori bilang udah ojek aja tawar dari sini sampek puncak berapa

S : kalo dari sini sampek puncak berapa pak ?
O : 20.000 mas
A : ya sudah gakpapa ojek aja dari pada kamu jalan masih jauh ini
S : ya sudah pak ojek aja sampek tempat camp
*bangke akhirnya gw takluk sama ni ojek

Akhirnya saya naik ojek sama tu bapak anshori naik motornya sendiri sampek puncak, oh ya sebelumnya aku sama anshori gak ada bawa bekal makanan sama sekali loh ya karena di puncak B29 itu ada warung makanan gitu deh, jadi yaa kita ndak bawa makanan dari rumah tapi ingat loh ya JANGAN sekali kali ikutin kita pokoknya JANGAN nanti kalian bakal tau akibatnya. Pas sudah sampek puncak ngobrol-ngobrol lah sama bapak ojek tadi, dan dia nawarin pulangnya mau ojek lagi ? Ya karna medannya kaya sirotol mustaqim jadi kami iyakan aja lah untuk pulangnya ngojek lagi di jemput jam 8 pagi katanya.

Terus kita foto-foto dulu deh sebelum masang tenda.




Udah itu dulu foto-fotonya ,,, yupp itu adalah gunung bromo yang habis meledak dan lagi erupsi untung aja asap erupsinya gak ngarah ke B29. Habis foto-foto bentar kami langsung masang tenda, dan bodohnya kita ber 2 gak ada yang bisa masang tenda -_- sebelumnya udah cari tutorial sih di yusup  gimana cara masang tenda yang baik dan benar. Tenda dikeluarkan dari tas dan kami bongkar selama 45 menit baru bisa kepasang tuh tenda sampek salah satu frame tenda patah anjiiirr siap siap ganti rugi sama si tukang tenda bangsat itu.... entah benar apa gak ini tenda pokoknya bisa di buat tidur dah itu aja. Setelah tenda abal-abal jadi kita liat di sekeliling gak ada orang lain yang camp selain kita ber 2 anjir kaya homo aja. Beberapa jam kemudian ada tuh 2 orang cewe sama cowo mau nge camp tapi agak jauh dari camp kami eemmm..... hayooo mau ngapain tu di dalam camp ber 2 aja jauh pulak. Ya kami positif thinking aja lah mungkin udah suami istri.


Pas jam 18.30 disitu udah dingin banget 'adek' gw sampek ikutan kedinginan hehehe. Pas mau bikin api korek gw rusak gara-gara kedinginan juga waahh bisa mati kedinginan ini kalo gak ada api, eh gak lama ada rombongan lain datang bawa motor sampek puncak B29 anjiirr motor anshori yang Vixi*n aja gak kuat ini bocah-bocah naik motor bebek pada kuat semua pake bahan bakar apa tu mereka. Setelah itu kenalan lah kami gw lupa nama mereka siapa :v pokoknya mereka 4 orang anak kuliahan semua. Untung aja mereka datang jadi bisa pinjem korek kalo gak bisa mati kedinginan ini kita.


Jam 20.00 gw sama anshori kelaparan kita coba turun ke warung yang tadi karena deket jalan kaki pun sampek tapi gak berguna semua warung tutup.

A : Anshori
S : Saya

S : sor tutup gimana ini ? kita gak makanan lagi
A : Cari kayu aja buar di bakar
S : Ini warung cuma di tutup terpal doang mending kita masuk ambil makanannya terus tinggal duit gimana ?
A : Kamu yang masuk ya ?
S : kita lah anjir...
A : Takut aku ini daerah orang nanti ada penunggunya
S : Coeg...

Ya ujung-ujungnya kita cari bahan kering buat di bakar. Biarlah kalo nanti mati kelaparan setidaknya sempet ngucap syahadat.

A : Ayo sudah nanti malem jam 12 kita curi makanan terus ninggal duit.
S : Oke deh kita masuk yaa... seting alarm jam 12 malem.

Tidur lah kita entah jam berapa kayanya jam 21.00 atau lebih. Dalam perjalanan tidur itu gak ada nyenyaknya sama sekali,,, sumpah itu suhu dingin banget kita cuma pake sarung doang sama celana panjang + kaos kaki. Alarm bunyi jam 12 malem tapi kita batalin niat buat nyuri di warung itu gara-gara banyak angin deres mungkin dewa langit marah sama niat kita jadi di turunkan angin deres yang dingin bikin kita gak niat buat keluar tenda. Akhirnya ya tahanin aja deh lapar sampek besok pagi dan suda di pastikan kita gak makan selama 24 jam lebih.


Besok paginya berharap liat awan di bawah kaki eh ternyata kesalaha besar,,, si awan di usir sama angin deres semalem jadi pagi-pagi itu gak ada awan sama sekali di bawah kaki kita cuma ada pasir dingin di kaki. Tapi ya gakpapa lah nikmati aja apa yang ada.








Lumayan bagus pemandangannya di pagi hari ya pokoknya gak jadi nyesel deh kesini walaupun gak sempet liat awan. Tapi gw ada niatan pasti bakal kesini lagi untuk liat awan di bawah kaki dan yang pasti bawa bekal makanan hahaha. Habis ini kita pulang dah dan ini beberapa foto di perjalanan pulang.



Buat kalian yang merasa punya cerita juga yang lebih seru dan lebih menarik dari pada cerita gw ayo share kesini pasti kami post dan di baca dengan para traveler gembel lainnya.

Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca cerita saya kali ini
Salam Traveler Gembel

1 comments :

Ad